Peninggalan Bersejarah Misterius dari Dusun Hopong, Desa Dolok Sanggul, Taput - Berita Dolok Sanggul

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 10 Februari 2018

Peninggalan Bersejarah Misterius dari Dusun Hopong, Desa Dolok Sanggul, Taput

Masyarakat Dusun Hopong, Desa Dolok Sanggul (bukan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan), salah satu desa terpencil di Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), menemukan sejumlah patung menyerupai bentuk manusia diduga peninggalan bersejarah.

Patung berukuran besar yang terbuat dari campuran batu ini, diduga peninggalan sejarah ratusan tahun lalu atau pada masa jaman-jaman kerajaan terdahulu.

Kondisi patung sudah berlumut dan kering bercampur putih kehitaman. Selain patung besar, di lokasi juga ditemukan patung-patung berukuran kecil. Patung-patung ini ditemukan berjejer rapi di dalam kandang kayu yang sudah lapuk.

Warga setempat, I. Siagian, kepada wartawan, Sabtu, (26/9) mengungkapkan, benda yang diduga mempunyai nilai sejarah itu ditemukan di salah satu tempat yang jarang diketahui, dilintasi dan diperhatikan orang.

Belum ketahui secara persis bagaimana asal usul, dan siapa gerangan yang memahat patung itu dulunya, namun usia patung diperkiraan sudah mencapai ratusan tahun.

“Usia patung itu diperkirakan sudah berkisar 400 tahun,” ungkapnya.

Senada disampaikan warga lainnya, marga Sitompul. Dia mengungkapkan, berdasarkan cerita para orangtua, daerah temuan patung sebelumnya selain dihuni raja-raja Batak, konon disinggahi kerajaan lain seperti Hindu-Budha.

Hal ini menimbulkan ada asumsi, patung itu diduga bukan peninggalan sejarah Batak. Tapi melihat tipe dan bentuk, patung ini diduga peninggalan kerajaan Hindu, ucapnya.

Namun untuk memastikan semua itu, mereka berharap agar pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa menurunkan tim arkeolog untuk meneliti kebenaran sejarah dari patung-patung itu. (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad